BUPATI MAGETAN HADIRI PAGELARAN WAYANG KULIT DALAM RANGKA HARI LAHIRNYA PANCASILA

Dalam rangka peringatan hari lahirnya Pancasila Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo RI menghelat pertunjukan rakyat dengan tema “Pertujukan Rakyat Penguatan Karakter Pancasila, Generasi Muda, dan Semangat untuk Bangkit”.

Pertujukan rakyat ini dikemas dalam pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki Rudi Gareng dari Blitar yang membawakan lakon “Wahyu Makuta Raja” pada Rabu malam (31/05/2023).

Pagelaran wayang kulit inj juga sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melestarikan budaya dan kearifan lokal di tengah era digital seperti sekarang serta untuk meningkatkan peran serta generasi muda.

Antusiasme luar biasa terlihat dari masyarakat yang tumpah ruah memadati lapangan Desa Kentangan, kecamatan Sukomoro. Sebelum pagelaran dimulai, dilakukan penyerahan tokoh wayang “Puntodewo” oleh Direktur IKPMK Kemenkominfo kepada Dalang Ki Rudi Gareng yang di damping oleh Bupati Magetan.

Bupati Magetan Suprawoto yang hadir dalam kesempatan ini menyampaikan terima kasih kepada Kemenkominfo yang telah menyelenggarakan acara ini. “ Kami ucapkan terima kasih mewakili masyarakat Magetan kepada Kemenkominfo yang telah menggelar pertunjukan wayang kulit ini dalam rangka peringatan hari lahirnya Pancasila. Tentunya dengan digelarnya acara akan selalu mengingatkan kita tentang hari lahirnya Pancasila dan kita ikut serta dalam melestarikan tradisi dan budaya serta ikut membangkitkan ekonomi masyarakat sekitar ”, ungkapnya

Dirketur IKPMK Kemenkominfo Wiryanta menyampaikan bahwa untuk mengingat hari lahirnya Pancasila bisa dilakukan melalui berbagai media atau multi platform. Salah satunya yaitu melalui pertunjukan rakyat seperti pengelaran wayang kulit. Dimana dengan digelarnya pertujukan ini diharapkan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila dapat tersampaikan dan dapat diterapkan dalam kehidupan.

Selain itu dalam acara ini juga diadakan dialog publik bersama Irene Camelyn Sinaga selaku Direktur Pengkajian Implementasi Ideologi Pancasila BPIP. Dalam dialognya beliau menyampaikan bahwa pagelaran wayang kulit ini merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menanamkan pendidikan karakter Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

Hadir dalam acara ini Bupati Magetan, Asisten Bupati, Direktur IKPMK Kemenkominfo, Direktur Pengkajian Implementasi Ideologi Pancasila BPIP, Forkopimca Sukomoro, OPD terkait serta masyarakat sekitar.
(Prokopim/ky/be

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *