UPACARA HARI LAHIR PANCASILA BERSAMA FORKOPIMDA MAGETAN, BUPATI; PANCASILA SEBAGAI PEREKAT BANGSA


Setiap 1 Juni kita sebagai bangsa Indonesia selalu memperingati Hari Lahir Pancasila. Hal ini sebagaimana yang termaktub dalam pada Keppres No. 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila. Dipilihnya 1 Juni sebagai peringatan Hari Kelahiran Pancasila tak lepas dari sejarahnya, saat sidang pertama Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yaitu 29 Mei 1945 – 01 Juni 1945.

“Bung Karno (Soekarno) pada waktu itu kan berpidato dan beliau menawarkan Pancasila sebagai ideologi,” terang Bupati seusai memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Halaman Pemda Magetan, Kamis (1/5).

Bupati Magetan juga menyampaikan jika sebagai sebuah bangsa yang bhinneka, Pancasila ini adalah sebagai perekatnya, pihaknya juga mencontohkan dalam perhelatan pemilu yang akan datang kemungkinan sarat akan friksi-friksi dan Pancasila akan menjadi ideologi pemersatu masyarakat.

Dalam upacara kali ini diikuti oleh unsur dari TNI/Polri dan ASN di Sekretaris Daerah Kabupaten Magetan dengan Bupati Magetan sebagai Inspektur Upacara.

Hadir juga dalam giat kali ini Bupati Magetan bersama jajaran Forkopimda Magetan dan Ka OPD di Lingkup Pemerintah Kabupaten Magetan.
(Prokopim/lio/be

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *