Percepatan Reformasi Birokrasi Tematik Dorong Kemajuan Bangsa Lebih Cepat


Dalam rangka mempercepat reformasi birokrasi tematik, Lembaga Administrasi Negara (LAN) hari ini bertempat di ruang jamuan Pendapa Surya Graha memberikan arahan kepada jajaran kepala OPD Pemerintah Kabupaten Magetan, Senin (29/5/2023).

Beberapa langkah yang akan diambil LAN sebagai core business-nya adalah dibidang pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN). Oleh karena itu LAN hari ini memberikan materi kepada ASN di Magetan yang mendukung RB tematik tersebut.

Reformasi birokrasi tematik ini fokus pada upaya pengentasan kemiskinan, mendorong percepatan kebijakan yang mendukung investasi, menciptakan struktur, budaya, dan kompetensi digital sehingga tercipta birokrasi yang tangkas dan pelayanan publik yang prima.

Bupati Magetan Suprawoto sangat mendukung program reformasi birokrasi tematik dari Kemenpan RB karena akan dapat memecahkan persoalan terkait administrasi, pencatatan dan pelaporan bagi ASN dalam melaksanakan tugasnya.

Bupati Suprawoto juga menjelaskan angka kemiskinan ekstrim di Magetan adalah 1,4 persen, menurutnya salah satu langkah yang tepat dalam pengentasan kemiskinan ekstrim ini adalah dengan pendidikan dan ini harus menjadi perhatian semua, ” ini harus menjadi perhatian kita semua, karena kemiskinan ekstrim ini betul-betul kemiskinan yang struktural yang harus segera kita entas,” tuturnya. Langkah Bupati Suprawoto selain mengintervensi juga menyiapkan langkah program beasiswa, ” Kemiskinan selain diintervensi tadi kemudian anaknya kalau masuk di UNESA diberikan privilege atau kemudahan untuk memperoleh beasiswa, sehingga nantinya jika satu anak itu mentas itu akan mentaskan seluruh keluarganya, ” imbuhnya.

Untuk mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, Bupati Magetan terus berupaya menggerakkan investasi di Magetan dengan menjamin kemudahan-kemudahanya selain ia juga memilih investasi yang padat karya dan ramah lingkungan.

Sementara itu menurut Kepala Pusat Kajian Kebijakan Administrasi Negara LAN, Widhi Novianto, S.Sos., M.Si mengatakan jika menurut data Pemerintah Kabupaten Magetan telah melakukan akselerasi dalam penanganan kemiskinan. Dengan mempertimbangkan beberapa data terkait tentang bagaimana Kabupaten Magetan menanggulangi kemiskinan dan beberapa torehan prestasi yang didapat, ” ini sepertinya Kabupaten Magetan itu bisa menjadi salah satu kabupaten yang melakukan akselerasi pengentasan kemiskinan dan diharapkan bisa menjadi pembelajaran kabupaten/kota yang ada di Indonesia, ” papar Widhi Novianto.
(Prokopim/gtm/ahm/KD1).

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *