BUPATI RAYAKAN HARI LANJUT USIA NASIONAL DI KECAMATAN KAWEDANAN


Tepat pada hari ini, Senin (29/5) kita memperingati sebagai Hari Lanjut Usia Nasional (HALUN) ke-27. Pertama kali digagas oleh Dr. KRT. Radjiman Wedyoningrat saat memimpin sidang BPUPKI pada 29 Mei 1945. 51 tahun kemudian tepatnya 29 Meil 1996 HALUN disahkan. Perhatian pemerintah terhadap masyarakat lanjut usia sendiri didasari dengan Perpres No. 88 tahun 2021 tentang Strategi Nasional Kelanjutusiaan.

Secara nasional HALUN oleh Kemensos RI dipusatkan di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat. Sedangkan untuk Magetan sendiri peringatan HALUN ke-27 dirayakan di Kecamatan Kawedanan yang diawali dengan senam lansia bersama di halaman Kecamatan Kawedanan.

“Dipilihnya Kawedanan sebagai pusat peringatan HALUN di Kabupaten Magetan karena kami melihat semangat lansia di Kecamatan Kawedanan ini sangatlah luar biasa,” terang Ketua Perwakilan Yayasan Gerontologi Abiyoso Magetan.

Bupati Magetan yang hadir langsung dalam acara ini melalui sambutannya mengungkapkan jika salah satu rahasia umur panjang adalah tetap bahagia. “Bahagia itu hak semua orang, termasuk para lansia,” ujarnya.

Bupati juga berpesan untuk menyenangkan anak tidak harus dengan memberikan uang tapi tetap terlihat sehat dapat membahagiakan anak.

“Menyenangkan anak tidak harus dengan memberikan uang, tapi menjaga (tubuh) tetap sehat dapat membahagiakan anak,” pesannya.

Peringatan HALUN ini ditutup dengan pemberian santunan dari Basnaz Magetan dan pemotongan tumpeng oleh Bupati didampingi oleh Kadinsos Magetan, Ka Bakesbangpol Magetan, Ketua PYGA Magetan, Ketua Basnaz Magetan, Ketua PWRI Magetan dan Forkopimca Kawedanan.
(Prokopim/lio

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *