MASUKI MUSIM PANEN, BEBERAPA KOMODITAS TURUN HARGA


Kementerian Dalam Negeri kembali menggelar Rakor Pengendalian Inflasi, Senin (29/5/2023). Wakil Bupati Magetan Nanik Endang Rusminiarti bersama segenap anggota Forkopimda dan pimpinan OPD terkait mengikuti secara virtual dari ruang rapat Pendapa Surya Graha.
.
Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menyampaikan secara nasional kondisi inflasi terkendali di angka 4,33 %. Ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan, namun ada beberapa komoditas yang justru mengalami penurunan.
.
Dijelaskan Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Pudji Ismartini bahwa ada penurunan harga cabai di beberapa daerah, seiring masuknya musim panen cabe. Demikian juga dengan bawang merah. Berbeda dengan telur yang cenderung mengalami kenaikan, dipicu tingginya permintaan konsumen (musim hajatan dan kenaikan harga pakan).
.
Deputi Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan BAPANAS, Andriko Noto Susanto menambahkan memang terkait kenaikan harga jagung di peternak, sehingga berdampak pada kenaikan harga telur. Pihaknya terus berupaya melakukan stabilisasi harga dengan menjalin kerjasama dengan daerah yang surplus jagung.
.
Terkait perkembangan minyak goreng, Bambang Wisnubroto, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag RI menjelaskan total pendistribusian DMO sampai 26 Mei 2023 sebanyak 155.139 ton. Untuk harga minyak goreng MINYAKITA masih relatif stabil.
.
Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Suwandi menjelaskan kondisi kekeringan di bulan Mei-Juni 2023 pada kategori sedang. Juga perlu diwaspadai fenomena El Nino, untuk itu pihaknya akan melakukan pemetaan wilayah yang rawan. Pihaknya juga melakukan langkah antisipatif sebagai intervensi jika terjadi kemarau panjang. (Prokopim/dj/be/KD1).

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *