Membuka Cakrawala Sejarah Magetan dengan Peter Carey

Prof.Dr. Peter Brian Ramsay Carey, atau biasa disapa Peter Carey adalah seorang sejarawan dan penulis Inggris yang mengkhususkan diri dalam sejarah modern Indonesia, utamanya Jawa.


Prof Carey secara rutin memberikan komentar dan menjadi narasumber tentang sejarah dan politik Asia Tenggara, khususnya Indonesia, di media Inggris. Ia kini menjabat sebagai profesor tamu pada Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia, di Jakarta dan Depok.


.
” Prof Peter Carey salah satu sejarawan yang sangat besar jasanya bagi bangsa Indonesia. Beliau disertasinya membahas Diponegoro yang demikian detail dengan sumber referensi yang sangat kaya. Boleh dikatakan standar emas yang dipakai. Tentu membuka cakrawala kita dalam penulisan khususnya sejarah, ” jelas Bupati Suprawoto saat mendampingi Prof Carey meninjau Masjid Ki Mageti.
.
Bicara tentang sejarah, Kabupaten Magetan serta Madiun sekitar tidak bisa dilepaskan dengan Perang Jawa (Perang Diponegoro). Karena panglima perang Diponegoro adalah putra Ronggo Prawirodirdjo III Bupati Wedana Madiun yang pusat pemerintahan di Maospati.

” Beliau ini (Peter Carey) menginisiasi terbitnya buku Trilogi antara Lawu-Wilis yang sangat sarat informasi tentang Magetan dan tentu eks Karesidenan Madiun dan sangat berguna bagi kita. Kedatangan beliau kesekian kali ke Magetan tentu merupakan kesempatan yang berharga untuk bisa bertukar pikiran tentang sejarah Magetan, ” tutur Bupati Suprawoto.
.
Disela giat hari ini,  Bupati Magetan Suprawoto mendampingi Prof Peter Carey mengunjungi Masjid Ki Mageti di kawasan wisata Refugia, dan makam Kembang Sore serta masjid tiban di Desa Pacalan, Kecamatan Plaosan, Minggu (09/10/2022).
(Prokopim/edh/

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *