ANTISIPASI GEJOLAK HARGA PADA MOMEN IDUL ADHA

Kementerian Dalam Negeri kembali menggelar Rakor Inflasi, Senin (19/6/2023). Wakil Bupati Magetan bersama segenap anggota FORKOPIMDA mengikuti secara virtual dari ruang Jamuan Pendapa Surya Graha.
.
Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menyampaikan tingkat inflasi bulan Mei 2023 berada di angka 4 %. Jelang momen Idul Adha besar kemungkinan akan ada pergerakan harga di pasaran. Untuk itu perlu upaya antisipasi sejak awal agar tidak terjadi gejolak harga.
.
Windhiarso Putranto, Direktur Statistik Harga BPS menjelaskan ada perubahan pola konsumsi terkait kelompok pengeluaran untuk perayaan (termasuk HBKN) yang mengalami penurunan. Potensi inflasi dari sisi permintaan pada periode Idul Adha masih dibawah periode Lebaran dan Idul Fitri.
.
Ditambahkan Dr. I Gusti Ketut Astawa, Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan BAPANAS bahwa ada beberapa komoditas yang berpotensi naik seiring tingginya permintaan yaitu cabai, bawang merah dan bawang putih. Stok relatif cukup sehingga dipastikan tidak terjadi gejolak.
.
Terkait minyak goreng, Bambang Wisnubroto, Direktur Barang Kebutuhan Pokok Kementerian Perdagangan menjelaskan hingga periode Juni 2023 harga minyak goreng relatif stabil. Sejak Januari 2023 hingga kini lebih dari 1,51 juta ton minyak goreng telah terdistribusi.
.
Nasrullah, Dirjen PKH Kementerian Pertanian menyampaikan proyeksi kebutuhan hewan kurban tahun 2023 sebanyak 1,7 juta ekor (meningkat 2% dari tahun 2022). Sedangkan ketersediaan nhewan kurban sebanyak 2,7 juta ekor. Sehingga secara nasional hewan kurban cukup bahkan surplus.(Prokopim/dj
.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *