PERKUAT CADANGAN PANGAN PEMERINTAH

Mengawali tahun 2023, Kementerian Dalam Negeri menggelar rapat koordinasi pengendalian inflasi, Senin (9/1/2023). Rakor tersebut sebagai evaluasi upaya pengendalian inflasi tahun 2022 lalu. Bupati Magetan, Sekretaris Daerah bersama pimpinan OPD terkait mengikuti dari ruang rapat Pendapa Surya Graha.
.
Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menyampaikan banyak hal yang bisa dievaluasi dari upaya yang telah dilakukan pada 2022. Beberapa kebijakan terbukti berhasil dan akan diterapkan pula di tahun 2023. Kebijakan tersebut antara lain : memperkuat pengelolaan stok, menjaga ketersediaan komoditas pangan, menciptakan kemandirian pangan dan mengurangi ketergantungan impor bahan pangan. Kolaborasi pengendalian inflasi antara pemerintah pusat dengan daerah juga tetap harus dijaga.
.
Dijelaskan Kepala BPS, Margo Yuwono bahwa perekonomian global mengalami sejumlah guncangan sepanjang tahun 2022, berakibat pada tertahannya pertumbuhan ekonomi dan tekanan inflasi yang lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Penyesuaian harga BBM juga turut andil menyebabkan inflasi.
.
Dr. I Gusti Ketut Astawa, Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan, Badan Pangan Nasional menambahkan untuk mengantisipasi kenaikan harga dan menjaga stabilitas stok pangan, pihaknya mengambil langkah dengan memperkuat Cadangan Pangan Pemerintah (CPP). Pihaknya juga melakukan optimalisasi kinerja BULOG untuk menyerap gabah/beras petani pada panen raya tahun ini (Februari-April 2023) untuk memperkuat CPP. (Prokopim/dj/dok.ahmd

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *