Mbulan Ndhadhari Episode 13, Menapak Jejak Leluhur


Sorak sorai dan gelak tawa tampak terdengar pada gelaran Mbulan Ndhadhari episode 13 dengan tema ” Menapak Jejak Leluhur”. Begitu pun antusiasme penonton di Pendapa Surya Graha, pada Kamis malam (22/06/2023).
.
Episode -13 kali ini menampilkan pelakon cerita sejarah asal usul Desa Lembeyan Wetan, Kecamatan Lembeyan. Dilanjutkan penampilan cerita sejarah Desa Tamanarum, Kecamatan Parang dan penampil sejarah cerita Desa Ngiliran, Kecamatan Panekan. Asal-usul tiga desa tersebut ditampilkan dalam sebuah ketoprak dengan berbagai lakon dan tari-tarian.
.
” Mbulan Ndhadhari memberi ruang untuk anak-anak yang ingin berkreasi dan tampil di Pendapa Surya Graha. Istilahnya, purnama sastra-nya Magetan, dengan penyokong kegiatan guru dan murid,” terang Bupati Suprawoto.
.
Bupati juga mengatakan, setiap desa disarankan untuk membuat sejarah yang tertuang dalam buku.

” Saya juga menyarankan untuk tiap desa membuat buku sejarah desa, begitu juga sejarah sekolah. Sehingga generasi penerus mengetahui cerita sejarah desanya,” lanjutnya.
.
Dalam acara tsb juga diserahkan piagam penghargaan dan penyerahan buku oleh Bupati Magetan kepada tim penulis buku, atas kontribusi dan dedikasinya sebagai tim penyusun buku sejarah desa jilid 1, 2, dan 3 di Kabupaten Magetan.

(Prokopim/edh/be/KD1).

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *