SOTO OBOR, KULINER JADUL KHAS KELURAHAN KRATON


Sebagian dari kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan jenis kuliner satu ini, soto. Makanan berkuah dengan isian daging ini menjadi hidangan yang lazim ditemui dimanapun berada, mulai dari soto Lamongan, soto Betawi, soto kwali, soto obor dan lain sebagainya. Untuk soto yang disebut terakhir sebelumnya yaitu soto obor merupakan salah satu kuliner khas yang berasal dari Magetan, tepatnya Lingkungan Sumber Kelurahan Kraton, Maospati.

“Saat saya masih kecil sekitar tahun 60-an pas ada penjual soto lewat sekitar Jalan Barat (Maospati), itu pasti penjualnya dari dusun Sumber, ” kenang Bupati Magetan saat menghadiri Festival Kuliner Jadul dan pengukuhan soto obor sebagai kuliner khas Kelurahan Kraton di Sendang Kamal Traditional Market, Minggu pagi (18/6/2023).

Festival Makanan Jadul di Sendang Kamal ini merupakan bagian dari Calender of Event (CoE) Kabupaten Magetan tahun 2023 dengan tujuan untuk mengenalkan soto obor Kelurahan Kraton. “Pengakuan soto obor sebagai kuliner khas Kelurahan Kraton dan Magetan tentunya,” ujar Sarbini, Lurah Kraton dalam laporannya.

Bupati Magetan Suprawoto saat memberikan sambutannya memberikan apresiasi kepada Pokdarwis Kelurahan Kraton atas inisiatifnya dalam menggelar festival tersebut.

Hadir dalam giat ini Bupati Magetan, OPD terkait, Forkopimca Maospati, Pokdarwis Kelurahan Kraton dan tamu undangan lainnya.
(Prokopim/lio/be/edh/KD1).

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *